Saturday, March 1, 2014

Mengatasi Sleep Pada Komputer Dengan SO Windows Saat Didiamkan

Sleep Pada Komputer Dengan SO Windows
Kali ini saya akan membahas sebuah masalah kecil dan cara mengatasinya pada komputer dengan Sistem OperasiWindows. Di saat anda bekerja di depan komputer, lalu tiba-tiba datang urusan lain yang harus dikerjakan yang kemungkinan akan memakan waktu yang cukup lama, dan setelah anda kembali menghadapi komputer,
ternyata komputer anda sudah dalam keadaan Sleep, berarti komputeranda diatur untuk Sleep otomatis saat didiamkan. 
Memang menguntungkan jika komputer diatur seperti demikian, karena setidaknya akan sedikit menghemat daya listrik yang dikeluarkan. Masa anda akan membiarkan komputer terus menyala meski pun tidak digunakan?

Namun terdapat juga sedikit kerugian. Jika komputer sedang menyala lalu kita Sleep, maka beberapa proses akan berhenti seperti proses download. Saat anda sedang mendownload file yang sangat besar, lalu anda tinggalkan komputer dengan maksud menunggu proses download selesai, setelah anda cek kembali komputer anda telah dalam keadaan Sleep, dan ternyata proses download pun berhenti. Sungguh akan menjadi penantian yang sia-sia dan mengecewakan.

Default-nya Sleep otomatis Pada Komputer Dengan SO Windows ini telah diterapkan. Agar komputer dengan SO Windows ini tidak Sleep saat didiamkan, lakukanlah langkah-langkah berikut. Cara ini berlaku untuk Windows 7 dan Windows 8, namun mungkin akan sedikit berbeda pada Windows XP dan Windows versi lainya.

1. Klik icon baterai di sudut kanan bawah dan pilih more power options.

Mengatasi Sleep Pada Komputer Dengan SO Windows Saat Didiamkan

2. Klik change plan setting pada plan yang sedang digunakan.

Mengatasi Sleep Pada Komputer Dengan SO Windows Saat Didiamkan

3. Pada put the computer to sleep, atur menjadi never.

Mengatasi Sleep Pada Komputer Dengan SO Windows Saat Didiamkan

Screenshot diatas saya ambil dari laptop. Pada bagian On batery berarti keadaan saat laptop mendapat daya dari baterai, sedangkan bagian plugged in berarti keadaan laptop saat mendapat daya dari charger.

4. Terakhir klik Save Changes.

Ok, dengan ini komputer anda tidak akan Sleep saat didiamkan. Dengan demikian tidak akan ada proses yang berhenti karena komputer Sleep.

Unknown

"Dreaming is the first step that you have to make. While, the act is the next step that you have to do."

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013-2014 All Rights Reserved WiranataStep.